Cara Cari Uang dari Internet bagi Graphic Designer: Microstock

by Silvia Natalia

Menyambung artikel saya yang sebelumnya, Top 5 Cara Cari Uang di Internet untuk Graphic Designer, tulisan kali ini akan membahas lebih detail tentang salah satu opsinya yaitu Microstock. Buat yang masih belum tahu, simpelnya microstock itu, kamu bikin desain vektor atau jepret-jepret foto lalu dijual di website-website microstock. Website microstock ada banyak sekali, misalnya Freepik.com, Shutterstock.com, Dreamstime.com, AdobeStock.com, dan masih banyak lagi!

Jalan microstock ini adalah cara yang saya pilih untuk mendapatkan penghasilan, kenapa? Berikut beberapa alasannya:

  • Tidak ada klien (Pada dasarnya saya orangnya introvert dan malas menghadapi selera klien corporate)
  • Bebas mau bikin desain apa saja (Jadi bisa eksplor banyak bidang desain, karena saya cepat bosan haha…)
  • Bikin satu desain tapi desain itu bisa dijual berulang-ulang (Website microstock ada banyak lho…)

Wah enak banget ya? Tapi tunggu dulu, tidak semua orang bisa cocok dengan opsi microstock ini karena:

  • Butuh effort besar dan portfolio desain yang banyak (Harga satu desain yang terjual berkisar $0,11-$0,38. What?! Murah banget?!!! Makanya butuh usaha yang ekstra menciptakan puluhan bahkan ratusan desain)
  • Makan waktu (Ya iya dong, bikin ratusan desain butuh waktu berapa lama? Kalau sehari hanya 1 desain maka setahun hanya jadi 300-an desain)
  • Seperti investasi (Kalau di awal hanya punya sedikit desain, maka hasilnya mungkin cuma cukup beli gorengan)

Oleh karena itu, banyak sekali yang ‘menabung’ di microstock ini kebanyakan masih memiliki job 9-5 (alias kantoran!) atau masih mengambil pekerjaan freelance lainnya. Jadi, otomatis tidak bisa full power menjalankan microstock saja. Lalu bagaimana dengan saya? Bagaimana saya memulainya?

Saya memulainya dengan modal nekat, jangan ditiru ya! Saya langsung berhenti kerja ketika hanya memiliki 70 an desain di microstock, yang hasilnya perbulan hanya cukup untuk beli pulsa saja. Tapi saya sudah menyediakan tabungan sebesar lebih dari 3 bulan pengeluaran saya, yang artinya, saya punya waktu 3 bulan untuk mengerjakan microstock. Pikir saya, kalau gagal, saya akan mulai lamar-lamar kerja lagi. Untungnya selama waktu 3 bulan itu sudah membuahkan hasil!

Lalu bagaimana dengan sekarang? Apakah usaha microstock cukup sustain dan bisa diandalkan? Berikut screenshoot hasil dari microstock di bulan Juli 2019 dari berbagai web Microstock.

So? Mau nabung Microstock mulai dari kapan? Untuk beberapa pemain lama microstock yang saya kenal malah sudah ada yang penghasilannya sebulan sudah berkali-kali lipat dari saya. Dan malah ada juga yang terjun ke opsi-opsi lainnya selain Microstock, jadi dobel-dobel deh penghasilannya.

Yuk mulai dari sekarang!

* Update, screenshoot earning di blur, untuk menghindari efek negatif dari kontributor yang hanya semangat mengincar $$ nya saja. Kontributor nakal tersebut berlaku curang dgn cara meniru/ menjiplak karya org lain lalu dijual sebagai karyanya sendiri. Please, hargai karya orang lain!

Related Posts

8 comments

Yazr July 23, 2019 - 7:03 am

#Ask
Mbak level di akun kontributor freepik itu mksdnya gimana ya? Kmaren punyaku level 1 tapi tiba2 jadi level 2, pdhal masih awal submit 20 desain. 10 desain di reject dan 10 desain lagi masih nyangkut di under revision

Terimakasih

Reply
Silvia Natalia July 25, 2019 - 12:28 am

Halo Yazr,
Levelnya sendiri hanya ngaruh ke jumlah max file yang boleh di upload. Tdk ada hubungannya dengan desain yg di reject/ approve.

Thanks!

Reply
Kara September 17, 2019 - 10:21 am

Kak, submit sticker / pattern dalam bentuk jpeg/png di dreamstime boleh gak ? Trims.

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 8:12 am

Tidak boleh, harus dalam .eps

Reply
Lala September 25, 2019 - 4:05 am

Aku senang loh menemukan blog ini, sungguh.. Jadi microstock contributor bener-bener keinginan aku sejak dulu. Bikin aku sadar juga seberapa besar kesiapan untuk terjun pertama kali jadi kontributor. Salam kenal Silvia!

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 8:09 am

Wah ikut senang juga.. bagaimana sekarang microstocknya?

Salam kenal

Reply
MrA12 September 29, 2019 - 4:06 pm

Bagus banget nih buat motivasi tulisannya.
Saya dulu juga modal nekat doang… Hahaha…
Selamat berjuang dan jangan menyerah para contributor!

Reply
dedy December 29, 2019 - 2:05 am

Salam..
Saya baru mulai jualan foto di microstock sejak 10-2019 lalu.. Ada foto2 yg sukses saya upload di Dreamstime (DT) tp gagal di ShutterStock(SS), alasannya dikasi tahu sih oleh pihak SS..
Oya, mu nanya sikit, klo ada foto yg kita jual kita exclusive di DT apakah akan berpengaruh ke foto2 yg tidak kita exclusive di DT..?
sekalian mu nanya no WA, biar gampang konsultasi…
Trims and sukses selalu..

Reply

Leave a Comment