Pendapatan Microstock: Per Download 0,25$. Kapan Kaya?

by Silvia Natalia

Saat tulisan ini dibuat, harga dasar per download dari beberapa agensi Microstock adalah sebagai berikut:

  • Shutterstock: 0,25$ – 0,36$
  • Freepik: 0,11$
  • Adobe Stock: 0,33$ – 0,99$

Oh Tuhan, saya udah bikin capek-capek tapi hanya dihargai segitu?! Dan perlu diterima kenyataan bahwa, harga perdownload ga akan naik mengikuti inflasi. Tetap segitu-segitu aja harganya dan memang begitu faktanya. Dan mungkin selanjutnya banyak teman-teman yang baru mau coba jadi kontributor dan beberapa bulan kemudian menyerah karena tidak kunjung Payout. Jika kamu termasuk yang sudah mau menyerah, baca beberapa saran yang saya bisa berikan di bawah ini.


Bermain di Microstock itu seperti maraton

Baru upload 10 karya saja? Paling tidak, upload minimal 100 karya!

Tidak seperti pohon tauge yang hari ini ditanam, besok sudah mulai kelihatan pucuknya dan tumbuhnya cepat sekali. Masuk ke dunia Microstock itu seperti berlari di maraton. Maraton yang panjang sekali. Katakanlah saat ini anda masih sangat baru dan sedang coba-coba upload beberapa foto/ vektor ke salah satu agensi. Mungkin yang anda hasilkan dalam sebulan hanya baru bisa untuk beli paket data 1GB. Kemudian di grup-grup microstock atau blog-blog ada ‘Master’ yang sedang menampilkan penghasilan sebulan mereka. Wow, beda jauh!

memang tidak ada resep rahasia yang langsung bisa bikin penghasilan banyak!

Anda mungkin setelah melihat penghasilan mereka ada yang kecil hati, menyerah atau ada yang minta tips dan trik. Bisa saya jamin, tips dan trik apapun yang mereka berikan itu sama semuanya. Bukan karena mereka tidak mau berbagi rahasianya, tapi karena memang tidak ada resep rahasia yang langsung bisa bikin penghasilan banyak! Rahasia para ‘Master’ tersebut hanya satu, yaitu waktu dan kerja keras mereka.

Mereka yang penghasilannya sudah ribuan dolar, sudah malang melintang di microstock 3 tahun, 5 tahun, bahkan 10 tahun. Jumlah file yang mereka buat sudah ribuan bahkan puluhan ribu! Nah, pertanyaannya seberapa kamu kuat melanjutkan kerja keras di dunia microstock? Jika kamu menyerah di bulan-bulan awal atau menyerah saat file kamu bahkan belum mencapai 100, saran saya, coba kita kembali lihat motivasi diri anda. Apa yang membuat anda ingin masuk ke dunia microstock ini.


Motivasi karena earning, salahkah?

Earning motivasiku, begitulah salah satu quotes dari para microstocker

Saya suka kata earning, anda pun juga. Siapa sih yang tidak suka dapat uang? (Kalau ga suka silahkan transfer uangnya ke rekening saya). Tidak salah ya masuk dunia microstock karena earning. Saya pun juga dulu coba riset dulu berapa sih uang yang bisa didapat dari microstock sebelum daftar jadi kontributor. Namun saya juga punya motivasi lain, karena saya wanita, saya ingin waktu kerja yang fleksibel dan kerja di rumah supaya jika saya punya anak bisa saya jaga sendiri. Karena itu motivasi awal saya ialah: Saya ingin earning yang cukup dan bisa kerja dari rumah.

Cukup dalam artian, masih bisa kasih uang bulanan ke orangtua, bayar asuransi, bayar bulanan, yang jika  ditotalkan saya harus dapat $300-$400 sebulan. Dari motivasi menjadi target. Selanjutnya anda bisa pertimbangkan, apakah target anda itu masih masuk akal atau tidak. Jika anda targetnya dalam 3 bulan ingin earning ‘sultan’ ya tidak mungkinlah. Ok, cukup nyinyirnya, balik lagi. Jadi saya membuat target, dalam 3 bulan saya harus bisa mendapatkan $300-$400 dan kalau tidak bisa mencapainya, saya akan balik kerja kantoran. Selain target, ada konsekuensi yang saya tetapkan sendiri jika tidak dapat mencapainya.

Perlu target yang logis dan bisa dicapai oleh Anda sendiri

Selain motivasi, anda perlu target yang logis dan konsekuensi. Hal inilah yang membuat saya jadi kerja keras di 3 bulan awal. Lalu hasilnya? Tercapai! Dari dua agensi microstock saya bisa mendapatkan angka yang diharapkan dalam bulan ke 3. Oh ya, sebelum saya mulai terjun ke microstock, saya juga sudah menabung untuk biaya hidup 3 bulan jika ternyata earningnya beda dengan harapan. Jangan lupa ada persiapan tabungan!


Kabar gembira, ada volume bonus!

Tidak selamanya harga per download $0,25 saja. Harga bisa naik hingga $0,38

Jika total earning anda di Shutterstock sudah mencapai $500, maka harga perdownload akan naik menjadi $0,33. Kenaikan yang cukup signifikan bukan? Jika biasanya perbulan dapat $100, maka selanjutnya penghasilan akan bertambah menjadi $132 dari volume bonus saja tanpa pertambahan portfolio. Cukup besar bukan?


Jadi jangan bertanya kapan kaya? Tapi kapan kerja keras?

So, jika dirangkumkan: Persiapan, Motivasi, Target yang logis, Konsekuensi = Expect Good Result! Anggap saja ini resep rahasia yang bisa saya berikan. Jangan lupa juga untuk menerapkan target yang lebih tinggi untuk selanjutnya. Perlu diingat, saya tidak atau belum termasuk ke dalam ‘Master-Master’ tersebut, mungkin maraton 5 tahun lagi ya? Amin.

Apakah anda siap meracik resep anda? Share dan tuliskan di kolom komentar di bawah ya 🙂

Related Posts

24 comments

Anton February 13, 2019 - 4:01 am

Noted !!! Semangatttt

Reply
Silvia Natalia February 13, 2019 - 4:39 am

sama-sama semangat!! hehe

Reply
Imam February 13, 2019 - 5:20 am

Setuju banget mbak persiapan dan kerja keras paling penting. Semangat

Reply
Silvia Natalia February 13, 2019 - 10:01 am

Semangat juga mas Imam!

Reply
Raiyani February 13, 2019 - 10:10 am

Saya sebagai salah satu pekerja microstock apa yg ditulis benar adanya, kadang hampir hopeless, tp kerja keras itu harus, hasil tidak mengkhianati usaha

Reply
Silvia Natalia February 15, 2019 - 8:14 am

Bener mba Raiyani, sama-sama semangat ya uploadnya 🙂

Reply
Image Finder February 14, 2019 - 12:44 am

Terima kasih tipsnya mba. Kebetulan baru mau coba merasakan dunia microstock 😀

Reply
Silvia Natalia February 15, 2019 - 8:14 am

Sama-sama.. semoga membantu dan terus semangat ya!

Reply
Sandi February 16, 2019 - 1:41 pm

Waah sangat menginspirasi mbak,, kemarin sempat nyoba sebulan di shutterstock baru upload 25 gambar down,, ngga lanjut lagi..

Semoga dengan tulisan mbak ini bsa memotivasi saya kembali..

Reply
pirousy March 5, 2019 - 1:28 am

wow! hebat tekadnya mbak. kalo boleh tahu, dari dua agen microstok untuk bisa dapet earnings $300-$400 harus submit berpa design dalam 3 bulan?

Reply
Silvia Natalia March 26, 2019 - 1:31 am

Dalam 3 bulan ya mas… kalau dulu thn 2016 itu cukup 30 an karya dlm sebulan. Tapi kalau sekarang mgkn harus 2-3 kali lipatnya tuh mas. Lebih baik jgn dua agen microstock saja. Coba 4-6 agen

Reply
Sandi April 17, 2019 - 4:29 pm

4-6 Agen microstock itu apa sja mbak?

Reply
Tya March 20, 2019 - 1:33 am

wah keren mba! terimakasih, sangat memotivasi 🙂
saya sudah ikut microstock (fotolia) 2 tahun dengan upload krg lebih 100 gambar illustrasi. Lalu saya tinggal karena saya sibuk kerja di kantor. setelah saya iseng buka lagi microstocknya ternyata sudah ada 75$. Lumayan jg untuk tabungan lupa, hehe
setelah baca tulisan ini saya jd tambah semangat untuk menekuni microstock lg supaya earningnya bertambah 😁🙏

Reply
Silvia Natalia March 26, 2019 - 1:26 am

Ayo di upload terus biar makin banyak!! 😀

Reply
Elil Faz August 16, 2019 - 7:05 am

Setelah setor hasil jeperetan kurang lebih 60 gambar, dan earning saya pantau dari waktu ke waktu selalu $-,- alias 0 Dollar. Nggak percaya diri dan akhirnya malas untuk berbuat. Meski kadang masih iseng cek earning, cek foto. Earningnya tetap 0. Lima hari yang lalu ada yang tidak biasa. Saya iseng buka mikrostock Earningnya berubah $0,25. Bukan main senangnya, saya ceritakan yang semangat baru memulai kirim foto dan vektor juga ikut mengucapkan selamat. katanya saya bisa dijadikan referensi yang valid. Karena kalau bertanya kepada yang sudah master mungkin sudah lupa kapan earning itu pertama kali dibayarkan dan karya yang bagaimana yang bisa menghasilkan earning

Reply
ina September 23, 2019 - 11:09 pm

Dari 2 agen microstock itu vector yang dikirim boleh sama mbak? apa harus beda?

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 8:08 am

Boleh sama dong.. sperti jualan di alfamart dan indomart saja..

Reply
Pondrafee October 16, 2019 - 4:32 am

Saat muncul perasaan kecil hati, tiba-tiba baca tulisan ini. Jadi semangat lagi.

Reply
Lapakfoto December 14, 2019 - 10:58 am

Mantap nich riviewnya, bikin ngiler penghasilan nya.. mampir jg dong mba ke lapak foto siapa tahu berminat jadi kontributor dan dpt penghasilan tambahan

Reply
Kaukab December 31, 2019 - 1:35 pm

Semangat kuy, Baru mau terjun ke dunia mikrostock

Reply
Shirleen February 21, 2020 - 1:07 am

Halo Silvia, thank you for sharing. Boleh tanya jadi selama 3 bulan itu kamu kerja full time kira2 sehari berapa jam? Thank you!

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 7:47 am

Kerja dari pagi sampai sore, kadang sabtu dan minggu masih nge-desain 🙂

Reply
Maulia March 18, 2020 - 2:10 pm

Mbak mau nanya itu yang diupload gambar yang kayak gimana aja? Selain vector, kalo misal gambar ilustrasi cartoon gitu apakah termasuk?

Dan kalau gambarnya kita buat dari android apakah bisa?
Maaf saya masih awam sekali, tapi ingin tau tentang dunia shutterstock.

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 7:37 am

Bisa kog, dari apps android banyak juga kontributor lain yang bikin logo, ilustrasi cartoon juga banyak. Hasil akhirnya harus vektor ya

Reply

Leave a Comment