Tips Meningkatkan Pendapatan Microstock

by Silvia Natalia

Sama seperti gajian, pasti kita para ‘receh warrior‘ ingin sekali agar pendapatannya bertambah tiap tahun (bahkan tiap bulan hehe~) dari microstock. Kalau teman-teman sudah pernah baca beberapa tulisan yang sudah saya buat, pastinya sudah kenal kalau saya tidak akan kasih ‘jalan pintas’ supaya cepat naik pendapatannya. Karena memang tidak ada cara instan! Tidak semudah itu Ferguso~ย Bercanda ya.. Tapi kali ini saya akan kasih satu jalan pintas dan instan! Tips nya adalah bermain Multi Agensi!

Buat teman-teman yang masih baru di dunia Microstock, pastinya karya vektor/ fotonya masih sedikit, nah, satu-satunya cara meningkatkan penghasilan adalah dengan upload juga karya tersebut di website microstock lain. Mengapa bermain multi agensi saya sebut jalan pintas? Misalkan anda punya 50 vector/ photo yang sudah menghasilkan di shutterstock sebesar $20 per bulannya. Nah, dengan mengupload karya tersebut di freepik, karya anda juga akan menghasilkan kira-kira $20 per bulannya (wah, earning jadi double!). Upload multi agensi tidak akan menyebabkan earning Shutterstock anda turun, karena tiap website microstock memiliki range customer yang berbeda. Perbedaan akuisisi customer juga menyebabkan earning tiap web microstock berbeda juga, ada yang bisa jadi lebih besar di web tertentu, bisa juga earningnya lebih kecil di web lainnya.

Berikut web microstock yang menurut saya lumayan menghasilkan dan ada hasilnya (ini yang saya pernah payout ya, sisanya teman-teman bisa cari sendiri):

Jika jalan pintas adalah bermain multi agensi, ada juga jalan yang tidak mudah. Yaitu menambah kuantitas dan kualitas! Kalau ini tidak perlu dijelaskan lagi ya sepertinya.. hehe~. Tapi adakah cara untuk mengetahui vektor apa yang sedang laku di pasaran dan supaya teman-teman tahu vektor apa yang harus dibuat, seperti apa kualitas yang harus dicapai?

Nah, ini adalah tips yang dapat saya berikan, yaitu dengan cara melihatnya di website M-rank.net. Di website ini teman-teman bisa lihat:

  • trend vektor ter-update
  • kontributor-kontributor yang karyanya paling banyak di lihat pasaran
  • mengecek ranking anda sendiri

Anggaplah M-rank. net ini sebagai acuan bila anda bingung vektor apa yang harus dibuat. Tidak harus anda paksakan mengikuti trend tersebut juga bila belum sanggup membuatnya. Yang penting adalah menilai rank kontributor anda sendiri, caranya adalah dengan mengetikan username anda sendiri pada kolom search. Di sana anda dapat melihat top vektor anda sendiri dan cobalah fokus untuk membuat lebih banyak karya seperti itu.

Saya sendiri pernah coba membuat vektor-vektor yang mengikuti trend, dan.. gagal. Vektor-vektor tersebut yang saya buat hampir ada 50-an dan tidak ada yang men-dowloadnya ya! Mungkin bukan rezeki saya, tapi kalau teman-teman mau coba silahkan saja. Karena menurut saya, banyak sekali yang mengikuti trend juga sehingga vektor tema itu jadi banyak sekali. Dengan vektor bertema sama yang banyak sekali, maka vektor yang berhasil akan jadi sedikit.

Nah ini saja tips yang saya bisa berikan supaya pendapatan dari Microstock bisa meningkat! Jalan pintas ada, tapi tetap harus ada kerja keras dari kita. Terimakasih sudah membaca ^^

Photo byย Aaron Burdenย onย Unsplash

Related Posts

15 comments

Charis Fauzi March 10, 2019 - 3:04 am

Ditunggu update earning shutterstock nya mba. ๐Ÿ˜‚

Reply
Doddis March 11, 2019 - 8:03 am

Terimakasih banyak mba, setelah baca tips dari mba Silvia, saya bikin akun Freepik juga, dan hasilnya menggembirakan ๐Ÿ™‚
Terimakasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat, semoga dibalas kebaikannya

Reply
Silvia Natalia March 26, 2019 - 1:27 am

Wah hasil menggembirakannya se’gembira’ apa nih.. jd penasaran hehe ๐Ÿ˜€

Reply
Yanuar May 12, 2019 - 5:56 pm

Mbak, itu kan untuk melihat karya vector yah? Kalau cara melihat untuk karya Image / Photo gimana yah caranya??
Terima kasih atas informasinya

Reply
Ranger September 11, 2019 - 7:57 am

bisakah upload vector yg sama di berbagai mikrostok web?

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 8:14 am

Bisa asalkan agreementny non ekslusif.. dan mayoritas mickrostok web adalah non ekslusif

Reply
Rendesign Art January 24, 2020 - 1:35 am

kak saya masih bingung apakah saya harus mengupload desain sesuai dengan skill atau tidak

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 7:52 am

Daripada bingung ingin sesuai skill atau tidak.. lebih baik mulai dulu ๐Ÿ™‚

Reply
Masdimdim January 26, 2020 - 8:20 am

Halo Mbak Silvia, saya juga tertarik banget pengen jadi microstock contributor, yang mau saya tanyakan..kira-kira apa ada
clue ya, dalam seminggu kita harus upload berapa karya vector supaya bisa mencapai penghasilan yg stabil ( ex : 400$ per month )..
Saya pernah dikasi tau temen..katanya skr utk di SS, minimal harus upload 20 gbr per day, supaya bisa mencapai penghasilan segitu, dan itu pun baru bisa dirasakan hasilnya kira-kira diatas 8 bulan,,( sempet patah semangat juga )..
OK thx info nya Mbak..

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 7:50 am

Untuk $400 per month kira2 butuh 1000+ file. Nah perharinya silahkan dihitung mau bikin berapa supaya cepat sampai target.

Kalau mau lebih cepat lagi, lebih baik upload jg ke tempat lain selain SS, adobestock misalnya

Reply
Shirleen February 25, 2020 - 12:04 am

Halo Silvia, thank you yah uda share ceritanya. Aku baru uploaded 10 graphics di Freepik nih. Tapi semuanya ke-reject. Bisa share tips and hack gmn caranya avoid reject? Graphics aku isinya banyaknya icons, dan kebanyakan gradient, mungkin itu reasonnya. Mereka ada banyak tulis aesthetic and technical issues and composition.

Thank you yah! di tunggu balesannya.

Shirleen

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 7:45 am

maaf baru balas,

Untuk icon sebaiknya upload di flaticons, itu milik freepik juga. Asal icon nya pixel perfect dan good quality pasti approve

Reply
Milky way March 17, 2020 - 11:28 pm

Ig nya apa kak biar bisa tanya tanya

Reply
Odi March 27, 2020 - 4:31 pm

Helo Mbak, mau tanya saat ini aktif di microstock mana aja ya?
aku saat ini mask merintis di shutterstock, dan udh mulai aktif upload ke dreamstime (next freepik). tapi aku agak mengeluh soal review dreamstime yang gak secepat shutterstock (1 hari sudah siap rilis) krn memakan waktu bs sampe 3 hari. kira2 ada microstock lain yg oke gak earning dan cepat reviewnya?
terima kasih ya Mbak. salam.

Reply
Silvia Natalia April 3, 2020 - 7:35 am

Halo, saya aktif di Shutterstock, Freepik, Adobestock..

Untuk next microstock mgkn mas Odi boleh mencoba di Adobestock

Reply

Leave a Comment